Kontak Info

surveigeolistrikklaten

Pentingnya Survei Geolistrik & Info Harga Di Klaten

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah. Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika aktif karena arus listrik berasal dari luar sistem.

Tujuan utama dari metode jasa geolistrik ini sebenarnya adalah mencari resistivitas atau tahanan jenis dari batuan. Resistivitas atau tahanan jenis adalah besaran atau parameter yang menunjukkan tingkat hambatannya terhadap arus listrik. Batuan yang memiliki resistivitas makin besar, menunjukkan bahwa batuan tersebut sulit untuk dialiri oleh arus listrik. Selain resistivitas batuan, metode geolistrik juga dapat dipakai untuk menentukan sifat-sifat kelistrikan lain seperti potensial diri dan medan induksi.

Resistivitas batuan dapat diukur dengan memasukkan arus listrik ke dalam tanah melalui 2 titik elektrode di permukaan tanah dan 2 titik lain untuk mengukur beda potensial di permukaan yang sama. Hasil pengukuran geolistrik dapat berupa peta sebaran tahanan jenis baik dengan jenis mapping atau horisontal maupun sounding atau kedalaman. Hasil pengukuran geolistrik mapping maupun sounding disesuaikan dengan kebutuhan diadakannya akuisisi data serta jenis konfigurasi yang digunakan.

Untuk menduga ada tidaknya potensi air tanah banyak cara yang dapat dilakukan seperti studi peta hidrogeologi dan penyelidikan langsung di lapangan. Salah satu cara penyelidikan langsung di lapangan yang paling mudah tapi cukup efektif adalah dengan cara survey geolistrik yaitu pendugaan tahanan jenis batuan di bawah permukaan tanah dengan alat resistivity meter.

Manfaat Survey Geolistrik

Beberapa manfaat dilaksanakannya survei geolistrik antara lain:

  • Menentukan titik sumur bor
  • Menentukan kedalaman sumur bor
  • Mengetahui lapisan vertikal tanah dan batuan di bawah permukaan
  • Mengetahui jenis air yang ada di bawah (asin atau tidak asin)
  • Memperkirakan jumlah debit air (hanya intepretasi)

Biaya Geolistrik Klaten

Jasa geolistrik Klaten menggunakan alat dengan teknologi terkini sehingga lebih akurat dan lebih sederhana. Jasa geolistrik Klaten yang kami lakukan akan mengkonfirmasi juga peta hidrologi dan geologi di daerah survey.

Untuk biaya yang kami tawarkan tentu sangatlah terjangkau untuk kualitas yang bisa Anda dapatkan. Kami jamin Anda tidak akan kecewa dengan hasil pekerjaan dari kami karena tenaga tim kami adalah tenaga ahli dan profesional di bidangnya masing masing. Hubungi kami untuk penawaran terbaik jasa geolistrik di Klaten.